Rockwool adalah jenis wol mineral, yang sering berfungsi sebagai bahan isolasi untuk rumah tinggal dan bangunan. Rockwool sering dibandingkan dengan glass wool, karena keduanya adalah jenis umum dari isolasi bangunan. Keuntungan menggunakan rockwool untuk mengisolasi/insulation lebih besar daripada kerugian, karena ini jenis isolasi dapat menawarkan perlindungan tambahan terhadap kebakaran, kerusakan air dan kebisingan.
Rockwool adalah material insulation, termasuk jenis isolasi termal dan akustik. Terbuat dari bahan tambang fiber ringan dengan inti berupa batu alam yang dipadukan dengan damar panas.
Proses Pembuatan
Bahan baku terdiri dari batu vulkanik atau basalt, yang tempat produsen dalam tungku. Batu-batu dan batu yang mencair sampai bahan menjadi lava. Lava tersebut kemudian ditiupkan ke dalam ruang berputar, yang menarik lava menjadi serat. Ini adalah jenis yang sama dari serat Anda akan melihat di udara ketika mengunjungi gunung berapi. Pabrikan menambahkan sejumlah kecil pengikat dan minyak untuk menjamin kualitas kompresi. Serat tersebut kemudian dikumpulkan dan dikompresi menjadi tikar besar. Sebelum memasuki oven perawatan/curing, kepadatan dan struktur keseluruhan dari wol batuan disesuaikan dan disetujui. Ketika rockwool telah melalui oven perawatan/curing, wol dipotong menjadi lembaran dan kubus. Sementara beberapa isolasi dipotong untuk isolasi pipa, jenis lainnya yang dipotong untuk keperluan perumahan.

Fungsi

Fungsi umum dari rockwool adalah untuk memberikan isolasi di rumah tinggal atau bangunan komersial. Rockwool juga dapat melindungi pipa, kapal, rumah mobile dan peralatan memasak domestik. Meskipun paling umum dikenal untuk menyediakan isolasi di rumah, orang juga menggunakan rockwool dan slagwool sebagai media tumbuh hortikultura.

Keunggulan

Rock wool menyediakan berbagai keuntungan, termasuk tahan api dan serap suara. Karena serat yang tidak mudah terbakar dan memiliki titik leleh yang ekstrim lebih dari 2.150 derajat F, isolasi wol batuan bertindak sebagai penghalang api. Karakteristik tahan apinya menunda penyebaran api, yang bisa menambahkan menit berharga untuk melarikan diri saat kebakaran. Batu isolasi wol juga menolak air, anti membusuk dan jamur, termasuk berbagai jenis pertumbuhan bakteri. Karena menolak air, rockwool tidak akan melemah atau kendur. Isi dari rockwool padat, sehingga mengurangi aliran udara dan transmisi gelombang suara.
Keuntungan:
  1. Cocok untuk aneka kebutuhan industri
  2. Memiliki daya konduksi termal yang rendah
  3. Dapat digunakan pada suhu 100° C sampai 820° C
  4. Tidak mudah terbakar
  5. Kedap suara
  6. Tidak berkarat / berjamur

Aplikasi produk :

  • Peredam ruangan genset
  • Peredam ruangan studio
  • Peredam ruangan diskotik
  • Partisi ruangan

Tersedia dalam bentuk : Lembaran, Roll, Batang

kekurangan

Masalah kecil mungkin timbul ketika melaksanakan isolasi/insulation. Ketika menangani rockwool, hindari menyentuh langsung dengan tangan kosong. Meskipun tidak menimbulkan bahaya langsung, dapat menyebabkan gatal-gatal sementara dan ketidaknyamanan.
Juga, debu dapat bertebaran ketika memasang rockwool, sehingga harus memakai  masker pelindung dan pelindung mata yang sesuai untuk menghindari kecelakaan atau cedera, dan agar dapat bernafas dengan benar.